Sabtu, 06 November 2010

MUSIK BUKAN SEKEDAR SUARA ATAU BUNYI



Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam: bunyi atau kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya. Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang ataupun kumpulan dan disajikan sebagai musik beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Musik adalah Kesatuan dari kumpulan suara melodi, ritme dan harmoni yang dapat membangkitkan emosi. musik bisa membuat mood menjadi bahagia atau bahkan menguras air mata anda, musik juga bisa mengajak anda untuk turut bernyanyi dan menari atau mengantar kepada sebuah suasana santai. Intinya musik adalah penghibur.
      Musik bisa meningkatkan kreatifitas pemainya dan pendengarnya,  mengurangi kecemasan dan kepenatan pemainya karena alat musiknya adalah hobinya. Misalkan gitaris yang memegang alat musik gitar, setelah gitaris itu lelah menjalankan rutinitas   sehari-harinya, gitar dapat  membuat pemainya merasa nyaman dan rileks. Bahkan gitaris itu dapat membuat lagu dengan cerita kehidupan keseharianya, yang meliputi kisah-kisah percintaanya sampai  membuat gitaris itu merasa sedih atau pun senang dan banyak hal  dikehidupan yang dialaminya.
Musik juga bisa meningkatkan intelegensi. Dengan mendengarkan lagu yang sudah ada dari pendahulu, yang membuat lagu atau aransemen-aransemen musik kita bisa meniru, atau sebagai influen kita dalam bermain alat musik. Kita bisa melatih cara bermain kita agar lebih mengenal arti sebuah musik. Bermain musik tidak hanya sekedar gaya-gayaan atau  hanya untuk hura-hura.  Bermain musik tidaklah semudah yang dipikirkan, kita harus mengerti dahulu arti dari  musik itu dan berlanjut  dengan cara-cara yang benar bermain alat musik tersebut.
Musik memiliki beberapa manfaat  antara lain: meningkatkan kepekaan, mengurangi kecemasan dan stress, meningkatkan intelegensi, mengubah mood menjadi lebih positif, meningkatkan konsentrasi, membuat rileks, mengatasi gangguan autis pada anak kecil, membuat emosi jadi lebih positif (senang/gembira), meningkatkan kemampuan bahasa, meningkatkan vitalitas fisik, menghilangkan kelelahan, meredakan kecemasan dan ketegangan, meningkatkan konsentrasi, memperdalam hubungan dan memperkaya persahabatan, memperkuat karakter dan perilaku positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar