Selasa, 07 Mei 2013

PROPOSAL


"PROPOSAL"


1.1  Latar Belakang
      Di zaman sekarang ini perkembangan ilmu dan teknologi sudah semakin berkembang pesat. Begitu juga dengan perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia. Semakin hari semakin banyak perusahaan yang menawarkan berbagai jenis telepon genggam atau telepon seluler untuk ditawarkan kepada konsumen. Di indonesia hampir seluruh masyarakat menggunakan telepon seluler. Telepon seluler sudah menjadi bagian hidup manusia yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan. Saat ini ponsel tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi tetapi juga digunakan untuk meningkatkan prestise dan mengikuti trend atau gaya hidup. Begitu juga dengan produk ponsel yang sekarang ini sedang berkembang pesat. Dengan melihat peluang itu para perusahaan telepon seluler berlomba – lomba menciptakan suatu produk yang kreatif dan inovatif untuk menarik minat para konsumen.
      Masyarakat tentunya akan memilih produk ponsel yang mempunyai banyak keunggulan. Berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat baik berasal dari iklan penjual, anggota keluarga atau teman yang telah memakainya atau pun dari sumber informasi lain maka mereka mempunyai banyak pilihan.Harapan yang ada, dengan memilih produk dari ponsel oleh masyarakat adalah berbagi kemudahan dalam melakukan komunikasi dengan biaya yang ekonomis.
      Sekarang ini banyak konsumen ingin memiliki ponsel dengan kualitas yang bagus dan canggih tetapi dengan harga yang relatif  terjangkau dan disinilah samsung dapat mengambil kesempatan itu.membuktikannya. Dengan semakin tertariknya konsumen dengan produk ini sehingga Samsung semakin kreatif dan inovatif dengan mengeluarkan produk-produk sejenis dengan harga yang relatif murah. 
      Dengan semakin beragamnya produk yang dikeluarkan oleh samsung semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk-produk Samsung,, terkadang perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor seperti mengikuti gaya hidup yang semakin canggih dan tidak ingin ketinggalan zaman selain itu bisa saja karena harga yang relatif terjangkau sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Jika dijabarkan mungkin masih banyak lagi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk.
      Dari uraian tersebut di atas maka penulis tertarik membahas masalahpenelitian tentang :“Analisis Faktor–Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel Samsung di Kalangan Mahasiswa.”

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas maka dapat  ditarik suatu rumusan permasalahan yaitu :
1.    Faktor-faktor apakah yang membentuk keputusan pembelian konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan pada ponsel Samsung?
2.    Dari faktor tersebut manakah yang paling besar hubungannya dalam keputusan pembelian ponsel Samsung?

1.3  Tujuan Penelitian
          Berdasarkan latar belakang dari permasalahan tersebut di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk:
1.      Untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang membentuk konsumen dalam keputusan pembelian terhadap ponsel Samsung.
2.      Untuk mengetahui dari faktor-faktor tersebut mana yang paling besar hubungannya dalam keputusan pembelian ponsel Samsung

1.4  Manfaat Penelitian
a.Bagi Perusahaan
Sebagai sarana untuk memberikan masukan penilaian bagi perusahaan yang diteliti dan dapat diterapkan di masa mendatang. Sehingga dalam menarik minat konsumen dapat semakin memperbesar kepercayaan terhadap suatu merek dan tentunya menjaga agar konsumen tidak berpindah ke merek yang lain.
b.Bagi Penulis
Bagi penulis, selain sebagai syarat pendidikan juga menambah khasanah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen pemasaran serta melatih untuk dapat menerapkan teori yang diperoleh diperkuliahan.   

1.5  Metode Penelitian
1.5.1        Objek Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Universitas Gunadarma. Alasan pemilihan lokasi tersebut adalah untuk melihat banyaknya mahasiswa yang menggunakan ponsel Samsung yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian.


1.5.2        Data/ Variabel
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan objek penelitian atau mahasiswa yang berkesempatan mengisi kuisioner yang peneliti berikan.Data sekunder adalah data yang didapat dari objek penelitian, buku bacaadan literatur lainnya yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas oleh penulis.
1.5.3        Metode Pengumpulan Data
1. Teknik Wawancara adalah penulis mengadakan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan, yaitu para mahasiswa yang terpilih sebagai responden guna mendapatkan data yang diperlukan.
2. Teknik Observasi adalah pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian yaitu mahasiswa yang memakai ponsel Samsung sehingga dapat diperoleh informasi yang akurat.
3. Teknik Kuisioner adalah serangkaian pertanyaan yang diserahkan secara langsung kepada responden yang ditemui secara langsung di Universitas Gunadarma
1.5.4        Hipotesis
Hipotesis ini merupakan jawaban sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya masih diuji secara empiris. Hipotesa adalah “pernyataan yang masih lemah kebenarannya masih perlu dibuktikan kenyataannya” (Hadi, 2001:257).  Dari pendapat tersebut, maka suatu hipotesis yang dikemukakan nantinya bukanlah suatu jawaban yang benar secara mutlak, tetapi dipakai sebagai jalan untuk mengatasi permasalahan yang ada, dan masih harus dibuktikan kebenarannya. 

1.5.5        Alat Analisis yang digunakan
1. Uji Validitas
Uji ini merupakan ukuran yang menunjukkan tingkat kemantapan suatu instrumen. Untuk mengetahui ketepatan apa yang ingin diukur, sbeuah instrumen dikatakan valid apabila mampu mengukur apa yang diinginkan.
Di mana :
            r  = koefisien korelasi
            n  = banyaknya sampel
            X  = variabel yang mempengaruhi (variabel bebas)
      Y  = variabel yang dipengaruhi (variabel terikat)
2. Uji Reliabilitas   
Reliabilitas menurut Arikunto (1998:170) adalah : “Menunjuk pada satu pengertian bahwa suatu instrumen yang cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpulan data karena instrumen tersebut sudah baik.” 

3. Analisis Regresi Berganda 
Di dalam penelitian ini yaitu Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk ponsel Samsung, penulis menggunakan analisis statistik  yaitu regresi berganda dengan rumus sebagai berikut :  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar