NAMA : FITRI YUNINGSIH
NPM :
19210259
KELAS : 3EA13
METODE RISET
JURNAL 1
Analisis Tingkat
kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu GSM Indosat IM3 pada Kalangan mahasiswa.
Tema :Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis
Tingkat kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu GSM Indosat IM3 pada Kalangan
mahasiswa.
Oleh : Chairul Amalia
Universitas Gunadarma 2008
A. Latar belakang
Masalah
Di era globalisasi ini
teknologi telekomunikasi sangat banyak bermunculan.Telekomunikasi sangat
berperan penting dalam kehidupan saat ini. Kartu GSM salah satu factor
pendukung dalam telekomunikasi.Ada beberapa perusahaan besar di Indonesia yang
juga memproduksi kartu GSM.Tetapi yang banyak diminati oleh para konsumen
khususnya mahasiswa adalah Indosat Im3 sejenis kartu GSM yang mempunyai
sejumlah kelebihan/keuntungan seperti Harga untuk isi ulang yang terjangkau,
Jaringan luas, Akses lengkap yang terdapat dalam GSM tersebut, dan fasilitas
bebas roaming kesemua operator merupakan salah satu cara bagi indosat IM3 untuk
menarik konsumennya. Berdasarkan Latar Belakang diatas penulis akan mencoba
untuk meneliti tentang Analisi Tingkat kepuasan Pelanggan Pengguna kartu GSM
Indosat IM3 pada Kalangan Mahasiswa.
B. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan
masalah diatas maka tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat
kepuasan konsumen terhadap penggunaan kartu GSM indosat IM3,Untuk mengetahui
bagaimana pelayanan yang diberikan oleh PT.Indosat daam memasrkan produk jasa
telekomunikasinya.
C. Metodologi
• Variabel
Variabel yang digunakan
untuk menghasilkan penelitian ini adalah dilihat dari 4 variabel yaitu Harga
untuk isi ulang yang terjangkau, Jaringan luas, Akses lengkap yang terdapat
dalam GSM tersebut, dan fasilitas bebas roaming kesemua operator.
• Data
Data yang digunakan
untuk menghasilka penelitian ini adalah Data Primer yaitu Data yang diperoleh
langsung responden atau objekyang diteliti.Dalam hal ini data yang diperoleh
merupakan data dari hasil pengisian daftar pertanyaan / kuisioner yang
dibagikan kepada subjek yang bersangkutan daam penelitian.Subjek dalam
penelitian tersebut adalah konsumen yang menggunakan kartu Indosat IM3.Populasi
dan sample penulisan ini adalah mahasiswa pengguna kartu GSM Indosat
IM3.Didapatkan hasil dengan menggunakan skala likert.
• Metode penelitian
Untuk dapat mengolah
data dalam penulisan ini menggunakan alat analisis yaitu Deskripsi Kualitatif
dengan menggunakn Uji Chi suare dan menggunakan skala likert.
Rumus : X2 = ∑ (FO -
FE) 2
Dimana X2 = Chi Square
FO = Frekuensi yang
diperoleh dari Angket
FE = Frekuensi yang
diharapkan
• Tahapan penelitian
Tahap pertama
menentukan variable – variable yang mempengaruhi kepuasan pelanggan indosat im3
Tahap kedua
menganalisis penyebab dari masalah pelayanan tersebut
Tahap ketiga menentukan
bagaimana kualitas pelayanan tersebut yang masih dapat diperbaiki.
D. Hasil dan Kesimpulan
Dari hasil metode
kuisioner kepada beberaps responden maka dapat disimpulkan bahwa responden
merasa terpuaskan akan akan kartu GSM Indosat IM3. Dan pada variable jaringan ,
harga ,fasilitas dan pelayanan operator terhadap keluhan pelanggan ternyata
mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut.Dan dari hasil perhitungan yang telah
dilakukan PT.Indosat melayani konsumen dengan baik hal tersebut ditandai dengan
perhitungan uji Chi Squarte yang kesemua variable menerima Ha yang artinya
konsumen merasa terpuaskan.
E. saran dan usulan
lanjutan
Untuk kedepannya
PT.Indosat diharapkan tetap menjaga apa yang telah dicapai dengan berbagai
fasilitas – fasilitasyang telah dapat memuaskan konsumen.Tetap membuat
inovasipembaharuan agar konsumen tetap menjadi pelanggan.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar