Minggu, 21 Oktober 2012

JURNAL 2 METODE RISET


NAMA       : FITRI YUNINGSIH
NPM           : 19210259
KELAS       : 3EA13
METODE RISET

JURNAL 2
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KARTU HALO SIMPATI
Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis tingkat kepuasan konsumen pada produk kartu halo telkomsel
Oleh : FITNANTYO BIMAWAN, 2000

A. Latar belakang masalah
Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia dengan berbagai media penyampaiannya.Sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan operator seluler GSM semakin meningkat salah satunya nya adalah perusahaan telekomunikasi telkomsel.Hal utama yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang melekat pada produk kartu halo telkomsel.

B. Perumusan masalah
Berdasarkan hal-hal yang sudah di uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan.tantangan dasar yang di hadapi adalah mendapatkan dan mempertahankan nilai yang maksimal dari pelanggan.Sebagai usaha memberi kepuasan kepada pelanggan kadang kala pihak manajemen berdasar persepsinya sendiri dan mempunyai keyakinan bahwa fasilitas dan pelayanan yang di berikan pasti akan dapat memuaskan pelanggan.

C. Tujuan penelitian
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut yang melekat pada produk kartu halo telkomsel,serta untuk mengetahui atas dasar apa konsumen mempunyai sikap tertentu terhadap atribut produk yang di maksud,dan juga untuk memberikan usulan kepada pihak manajemen sebagai alternative untuk dasar-dasar perencanaan strategi perusahaan yang efektif.

D. Metodologi
Obyek penelitiannya adalah pelanggan pengguna kartu halo telkomsel yang berada didaerah kota Jakarta dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang.Adapun data yang di pergunakan dalam penelitian ini di kumpulkan dengan studi pustaka.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Systematic sampling.yang hasilnya kemudian di analisis lebih lanjut dengan metode model angka ideal,untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap konsumen kartu halo telkomsel berdasarkan atribut kartu halo telkomsel.

E. Hasil penelitian
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari atribut-atribut yang di teliti ditemukan bahwa pelanggan/pengguna mempunyai tanggapan, reaksi dan kepercayaan yang masih kurang optimal terhadap kartu halo telkomsel,karena masih belum mendekati nilai ideal dari sebuah kartu GSM yang diharapkan.Sehingga dapat dikatakan bahwa kinerja dari kartu halo telkomsel dengan berbagai atribut-atributnya masih belum ideal secara mutlak atau dengan kata lain pelanggan belum puas dengan atribut-atribut yag ada.

SUMBER
http://zlataninter.wordpress.com/2010/10/02/tugas-jurnal-metode-riset-3/
http://eprints.undip.ac.id/9306/1/2000MM437.pdf






Tidak ada komentar:

Posting Komentar