NAMA : FITRI YUNINGSIH
NPM : 19210259
KELAS : 3EA13
METODE RISET
METODE RISET
JURNAL 2
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KARTU HALO SIMPATI
Tema : Kepuasan Konsumen
Tema : Kepuasan Konsumen
Judul : Analisis
tingkat kepuasan konsumen pada produk kartu halo telkomsel
Oleh : FITNANTYO
BIMAWAN, 2000
A. Latar belakang
masalah
Komunikasi merupakan
kebutuhan dasar manusia dengan berbagai media penyampaiannya.Sehingga membuka
pintu sukses bagi perusahaan operator seluler GSM semakin meningkat salah
satunya nya adalah perusahaan telekomunikasi telkomsel.Hal utama yang harus
menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan
loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam
melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh
perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang
melekat pada produk kartu halo telkomsel.
B. Perumusan masalah
Berdasarkan hal-hal
yang sudah di uraikan diatas dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator
seluler harus tanggap terhadap kondisi yang dialami pelanggan.tantangan dasar
yang di hadapi adalah mendapatkan dan mempertahankan nilai yang maksimal dari
pelanggan.Sebagai usaha memberi kepuasan kepada pelanggan kadang kala pihak
manajemen berdasar persepsinya sendiri dan mempunyai keyakinan bahwa fasilitas
dan pelayanan yang di berikan pasti akan dapat memuaskan pelanggan.
C. Tujuan penelitian
Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut
yang melekat pada produk kartu halo telkomsel,serta untuk mengetahui atas dasar
apa konsumen mempunyai sikap tertentu terhadap atribut produk yang di
maksud,dan juga untuk memberikan usulan kepada pihak manajemen sebagai
alternative untuk dasar-dasar perencanaan strategi perusahaan yang efektif.
D. Metodologi
Obyek penelitiannya
adalah pelanggan pengguna kartu halo telkomsel yang berada didaerah kota
Jakarta dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang.Adapun data yang di
pergunakan dalam penelitian ini di kumpulkan dengan studi pustaka.Pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan Systematic sampling.yang hasilnya
kemudian di analisis lebih lanjut dengan metode model angka ideal,untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap konsumen kartu halo telkomsel
berdasarkan atribut kartu halo telkomsel.
E. Hasil penelitian
Hasil yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah dari atribut-atribut yang di teliti ditemukan bahwa
pelanggan/pengguna mempunyai tanggapan, reaksi dan kepercayaan yang masih
kurang optimal terhadap kartu halo telkomsel,karena masih belum mendekati nilai
ideal dari sebuah kartu GSM yang diharapkan.Sehingga dapat dikatakan bahwa
kinerja dari kartu halo telkomsel dengan berbagai atribut-atributnya masih
belum ideal secara mutlak atau dengan kata lain pelanggan belum puas dengan
atribut-atribut yag ada.
SUMBER
http://zlataninter.wordpress.com/2010/10/02/tugas-jurnal-metode-riset-3/
http://eprints.undip.ac.id/9306/1/2000MM437.pdf
SUMBER
http://zlataninter.wordpress.com/2010/10/02/tugas-jurnal-metode-riset-3/
http://eprints.undip.ac.id/9306/1/2000MM437.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar