NAMA :
FITRI YUNINGSIH
KELAS :
3EA13
NPM : 19210259
TEMA : Kepuasan Pelangggan Terhadap Penggunaan
Provider
1.1.
Latar Belakang
Di zaman globalisasi seperti ini perkembangan
ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin maju.
Sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi
informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang
searah maupun dua arah. Hal ini mendorong perkembangan di dunia teknologi
komunikasi semakin pesat dan persaingan pasar semakin ketat, sehingga menuntut
sistem pemasaran yang semakin baik pada setiap perusahaan yang bergerak dalam
bidang industri maupun jasa.
Perkembangan teknologi komunikasi di
Indonesia sendiri dimulai dengan meluncurkan satelit palapa pada 9 juli 1976
yang memudahkan arus komunikasi dan teknologi, yakni telepon, fax, dll. Setelah
itu perkembangan dilanjutkan dengan perkembangan jaringan selluler, yaitu GSM
pertama di indonesia, yakni sebuah teknologi komunikasi bergerak yang tergolong
dalam generasi kedua.
PT Satelit Palapa Indonesia
(Satelindo) muncul sebagai operator GSM pertama di Indonesia, dengan awal
pemilik saham adalah PT Telkom Indonesia, PT Indosat, dan PT Bimagraha
Telekomindo. Setelah itu mulai bermunculan perusahan-perusahan yang bergerak di
bidang operator selluler seperti PT Excelcomindo Pratama (Excelcom, sekarang XL
Axiata) dll.
Dengan semakin meningkatnya gaya
hidup masyarakat, maka kebutuhan
masyarakat di bidang teknologi komunikasi juga semakin meningkat. Sehingga para
perusahaan – perusahaan provider selluler bersaing dengan ketat dalam menarik
minat pelanggan. Didalam memberikan
pelayanan yang berkualitas perusahaan provider seluler harus mengetahui apa
kebutuhan dan keinginan para pengguna provider seluler. Pelayanan yang di
berikan juga harus sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Seperti sekarang
ini banyak provider seluler yang menawarkan berbagai macam fasilitas - fasilitas
yang dapat digunakan pengguna provider selluler dengan mudah dan biaya
terjangkau.
Fasilitas - fasilitas yang ditawarkan provider selluler sudah
semakin canggih dan mudah digunakan, Seperti penggunaan paket-paket yang
memudahkan pengguna untuk memenuhi kebutuhannya dalam berkomunikasi. Contohnya
paket telepon, SMS, dan internet seharian sampai yang bulanan. Sehingga
pelanggan dapat memilih paket mana yang mereka butuhkan dengan harga yang
terjangkau. Dari situ pelanggan dapat merasa puas dalam menggunakan provider
tersebut.
Pengguna atau pelanggan provider
selluler harus teliti dalam memilih provider selluler yang akan digunakan, agar
dapat merasa puas dalam menggunakannya
karena sesuai dengan keinginan. Tanpa harus merasa tertipu dengan banyakan
iklan tentang fasilitas provider seluler yang murah tetapi harus sesuai dengan
syarat dan ketentuan berlaku. Dengan adanya hal seperti itu justru merugikan
pelanggan yang tidak tahu dan tidak mengerti. Karena kepuasan pelanggan sangat
diperhatikan oleh perusahaan – perusahaan provider selluler. Sebab jika ada
pelanggan yang kecewa dengan penggunaan provider selluler tersebut akan menjadi
kerugian besar bagi perusahaan provider selluler yang digunakan. Jika itu
terjadi maka pelanggan akan beralih ke provider lain yang menawarkan kelebihan
– kelebihan yang dianggap lebih
menguntungkan sehingga akan menyebabkan berkurangnya minat pelanggan.
Kepuasan pelanggan sangat penting
bagi kelancaran perusahaan provider tersebut. Sebab pelanggan yang puas dalam
memakai provider tersebut akan memberikan efek positif bagi perusahaan provider
tersebut. Yaitu kesetiaan pelanggan dan akan memberikan citra baik di mata
masyarakat lain yang sama – sama menggunakan telepon selluler tetapi berbeda
provider. Sehingga pelanggan provider tersebut akan bertambah seiring dengan
banyaknya pelanggan yang merasa puas
1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Pada
saat pertama kali provider seluler diluncurkan berapa biaya yang harus
dikeluarkan pelanggan dalam menggunakan provider tersebut?
2. Bagaimana
cara perusahaan provider seluler dalam menarik minat pelanggan?
3. Hal-hal
apa saja yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar pelanggan tidak bosan
dengan fasilitas yang di berikan?
4. Faktor
apa saja yang membuat pelanggan merasa puas atau tidak puas terhadap provider
yang mereka gunakan?
1.3.
Tujuan
Tujuan
dari penelitian ini adalah:
1. Untuk
mengidentifikasi dan menganalisa sikap pelanggan terhadap pengunaan provider
seluler yang mereka pakai
2. Untuk
mengidentifikasi kepuasaan atau ketidakpuasab pelanggan terhadap provider yang
mereka gunakan
3. Untuk
mengetahui faktor-faktor terhadap kepuasan pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar