Senin, 22 Oktober 2012

LATAR BELAKANG METODE RISET


NAMA       : FITRI YUNINGSIH
KELAS       : 3EA13
NPM           : 19210259

TEMA : Kepuasan Pelangggan Terhadap Penggunaan Provider
1.1.             Latar Belakang
            Di zaman globalisasi seperti ini perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin maju. Sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah. Hal ini mendorong perkembangan di dunia teknologi komunikasi semakin pesat dan persaingan pasar semakin ketat, sehingga menuntut sistem pemasaran yang semakin baik pada setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang industri maupun jasa.
            Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia sendiri dimulai dengan meluncurkan satelit palapa pada 9 juli 1976 yang memudahkan arus komunikasi dan teknologi, yakni telepon, fax, dll. Setelah itu perkembangan dilanjutkan dengan perkembangan jaringan selluler, yaitu GSM pertama di indonesia, yakni sebuah teknologi komunikasi bergerak yang tergolong dalam generasi kedua.
            PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) muncul sebagai operator GSM pertama di Indonesia, dengan awal pemilik saham adalah PT Telkom Indonesia, PT Indosat, dan PT Bimagraha Telekomindo. Setelah itu mulai bermunculan perusahan-perusahan yang bergerak di bidang operator selluler seperti PT Excelcomindo Pratama (Excelcom, sekarang XL Axiata) dll.
            Dengan semakin meningkatnya gaya hidup masyarakat, maka  kebutuhan masyarakat di bidang teknologi komunikasi juga semakin meningkat. Sehingga para perusahaan – perusahaan provider selluler bersaing dengan ketat dalam menarik minat pelanggan.  Didalam memberikan pelayanan yang berkualitas perusahaan provider seluler harus mengetahui apa kebutuhan dan keinginan para pengguna provider seluler. Pelayanan yang di berikan juga harus sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Seperti sekarang ini banyak provider seluler yang menawarkan berbagai macam fasilitas - fasilitas yang dapat digunakan pengguna provider selluler dengan mudah dan biaya terjangkau.
            Fasilitas - fasilitas  yang ditawarkan provider selluler sudah semakin canggih dan mudah digunakan, Seperti penggunaan paket-paket yang memudahkan pengguna untuk memenuhi kebutuhannya dalam berkomunikasi. Contohnya paket telepon, SMS, dan internet seharian sampai yang bulanan. Sehingga pelanggan dapat memilih paket mana yang mereka butuhkan dengan harga yang terjangkau. Dari situ pelanggan dapat merasa puas dalam menggunakan provider tersebut.
            Pengguna atau pelanggan provider selluler harus teliti dalam memilih provider selluler yang akan digunakan, agar dapat merasa puas dalam  menggunakannya karena sesuai dengan keinginan. Tanpa harus merasa tertipu dengan banyakan iklan tentang fasilitas provider seluler yang murah tetapi harus sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Dengan adanya hal seperti itu justru merugikan pelanggan yang tidak tahu dan tidak mengerti. Karena kepuasan pelanggan sangat diperhatikan oleh perusahaan – perusahaan provider selluler. Sebab jika ada pelanggan yang kecewa dengan penggunaan provider selluler tersebut akan menjadi kerugian besar bagi perusahaan provider selluler yang digunakan. Jika itu terjadi maka pelanggan akan beralih ke provider lain yang menawarkan kelebihan – kelebihan  yang dianggap lebih menguntungkan sehingga akan menyebabkan berkurangnya minat pelanggan.
            Kepuasan pelanggan sangat penting bagi kelancaran perusahaan provider tersebut. Sebab pelanggan yang puas dalam memakai provider tersebut akan memberikan efek positif bagi perusahaan provider tersebut. Yaitu kesetiaan pelanggan dan akan memberikan citra baik di mata masyarakat lain yang sama – sama menggunakan telepon selluler tetapi berbeda provider. Sehingga pelanggan provider tersebut akan bertambah seiring dengan banyaknya pelanggan yang merasa puas

1.2.             Perumusan Masalah
          Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Pada saat pertama kali provider seluler diluncurkan berapa biaya yang harus dikeluarkan pelanggan dalam menggunakan provider tersebut?
2.      Bagaimana cara perusahaan provider seluler dalam menarik minat pelanggan?
3.      Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar pelanggan tidak bosan dengan fasilitas yang di berikan?
4.      Faktor apa saja yang membuat pelanggan merasa puas atau tidak puas terhadap provider yang mereka gunakan?

1.3.             Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengidentifikasi dan menganalisa sikap pelanggan terhadap pengunaan provider seluler yang mereka pakai
2.      Untuk mengidentifikasi kepuasaan atau ketidakpuasab pelanggan terhadap provider yang mereka gunakan
3.      Untuk mengetahui faktor-faktor terhadap kepuasan pelanggan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar