NAMA :
FITRI YUNINGSIH
NPM
: 19210259
KELAS :
3EA13
METODE RISET
JURNAL 3
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL
Tema :Kepuasan Konsumen
Judul : ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN
KARTU XL
Oleh : Wijaya surya hernanda,2009
A.Latar belakang
Perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia
semakin pesat,sehingga membuka pintu sukses bagi perusahaan operator
seluler.Salah satu perusahaan telekomunikasi yang terbesar ketiga di Indonesia
adalah PT. Excelcomindo Pratama yang mengeluarkan kartu seluler yang bernama XL
adalah salah satu provider jasa komunikasi GSM yang ada di indonesia. Hal utama
yang harus menjadi prioritas perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan
dalam melaksanakan analisis dan diagnosis lingkungan bisnis yang dihadapi oleh
perusahaan salah satunya melakukan evaluasi kinerja dari atribut-atribut yang
melekat pada produk kartu XL.
B. Perumusan masalah
Berdasarkan hal-hal yang sudah di uraikan diatas
dapat di ketahui sebuah perusahaan jasa operator seluler harus tanggap terhadap
kondisi yang dialami pelanggan. Hal utama yang harus menjadi prioritas
perusahaan adalah mencapai kepuasan untuk mempertahankan loyalitas
pelanggan.sebuah pendekatan sitematis perlu digunakan dalam melaksanakan
analisis
C. Tujuan penelitian
1. untuk menganalisis pengaruh fasilitas
2. untuk menganalisis persepsi kualitas
3. untuk menganalisis persepsi harga
4. untuk menganalisi kegunaan dan manfaat kartu pra
bayar XL terhadap kepuasan konsumen yang menggunakannya.
D. Metodologi
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode
accidental sampling sebanyak 100 konsumen. Sumber data yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan mengajukan kuesioner
kemudian data dianalisis dengan teknik regresi berganda.
E. Hasil penelitian
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara
parsial, keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga,
Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan. Pengujian secara simultan
keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan
Manfaat) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam
menggunakan kartu seluler pra bayar XL. Diantara keempat variabel yang
dianalisis, faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah
Fasilitas kemudian disusul dengan Persepsi Harga. 43,2 % variasi Kepuasan
Konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen (Fasilitas,
Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat).
SUMBER
http://eprints.undip.ac.id/18070/1/04.060.pdf
http://zlataninter.wordpress.com/2010/10/02/tugas-jurnal-metode-riset-3/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar