BAB IV
PEMBAHASAN
4.1
Pembahasan
Motivasi merupakan ha1 yang penting
dalam setiap usaha kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan
tertentu, seperti diungkapkan Zainun (1986), bahwa motivasi dapat dilihat
sebagai bagian fundamental dari kegiatan manajemen, sehingga sesuatu dapat ditunjukkan
kepada pengarahan potensi dan daya manusia dengan jalan rnenimbulkan,
menghidupkan, dan menumbuhkan tugas-tugas perorangan maupun kelompok dalam
organisasi. Motivasi yang semakin tinggi berperan untuk memberikan penguatan
(reinforcement) terhadap keinginankeinginan yang mengarah pada tercapainya
prestasi kerja yang semakin baik serta dapat mengarahkan sikap perilaku individu
dalam mencapai tujuan.
Ciri-ciri pegawai dengan motivasi
tinggi menurut indikator-indikator motivasi dapat dilihat dari menyenangi
pekerjaan yang dilakukan, menunjukkan kreativitas dalam bekerja, menunjukkan tanggung
jawab dalam bekerja, memiliki otonomi yang tinggi dalam bekerja. Pemberian motivasi
yang telah diterapkan oleh pimpinan agar dipertahankan dan jika dimungkinkan ditingkatkan
sehingga pengaruh terhadap kemauan dan kesadaran karyawan untuk melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya dapat ditingkatkan melalui kinerja pegawai kerja
yang dicapai, tentunya ha1 ini akan berimplikasi terhadap tecapainya tujuan
Perusahaan yang telah ditentukan.
Sedangkan kesesuaian kompetensi
masih belum memiliki pengaruh yang lebih dominan, dikarenakan karakteristik
budaya dalam organisasi atau suatu perusahaan masih terlihat pelaksanaan promosi atau pemberian
tugas terkadang belum didasarkan pada kompetensi yang dimiliki pegawai tetapi
terkadang didasarkan kepada kedekatan. Indikasi tersebut masih nampak terlihat
melalui evaluasi DP3 yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kinerja yang
didasarkan kepada kompetensi masih belum berjalan secara optimal dan efektif.
Perhatian
terhadap pelaksanaan kopetensi pegawai dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan
perlu mendapat perhatian. Hal ini dikarenakan memberikan pengaruh yang
signifikan namun masih relatif lebih kecil. Untuk itu kiranya perlu
ditingkatkan secara berkesinambungan guna meningkatkan tingkat kinerja yang
lebih optimal.
Perubahan lingkungan yang cepat dan
tuntutan kualitas pelayanan dari masyarakat memerlukan kemampuan kompetensi
pegawai untuk lebih profesional dan lebih baik lagi. Melalui kompetensi yang
semakin memadai seseorang akan lebih menguasai dan mampu menerapkan secara
praktek semua tugas pekerjaan sesuai dengan job description yang ditetapkan.
Kompetensi pegawai yang semakin tinggi dapat diukur dari semakin bertambahnya
pengetahuan dan keterampilan serta semakin berkembangnya perangai/sifat dan konsep
diri yang semakin baik. Sedangkan ciriciri pegawai dengan kompetensi tinggi dapat
dilihat dari beberapa indikator yaitu mampu menjalankan tugas sesuai standar
pekerjaan, memiliki pengetahuan yang luas, mampu menyelesaikan tugas dengan
cepat, tepat dan benar, mampu menyusun laporan dengan akurat dan sistematis,
memiliki kemampuan menguasai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar