JURNAL 1 (METODE RISET
REMED)
NAMA : FITRI YUNINGSIH
KELAS : 3EA13
NPM : 19210259
PENGARUH
KOMPETENSI, MOTIVASI, KOMUNIKASI DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI
DINAS PENDIDIKAN
TEMA : Pengaruh Kompetensi dan Motivasi
Terhadap Kinerja Karyawan
JUDUL : PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI,
KOMUNIKASI DAN KESEJAHTERAAN
TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN
OLEH : Untung
Sriwidodo dan Agus Budhi Haryanto. 2010
A.
Latar belakang Masalah
Pegawai
merupakan penggerakoperasi organisasi, sehingga jika kinerjapegawai meningkat,
maka kinerja organisasi juga akan meningkat. Para pegawaidiarahkan untuk
meningkatkan kinerjanyaagar memiliki sikap dan perilaku yangmencerminkan
tanggung jawab, loyalitas,serta kedisiplinan. Untuk mencapai kinerjaterbaik
organisasi berkepentingan melakukan penilaian terhadap pelaksanaantugas
pekerjaan yang dihasilkan oleh parapegawai sesuai dengan rangkaian sistem yang
berlaku dalam organisasi. Selama ini banyak instansi pemerintahan yang belum
mempunyai pegawai dengan kompetensiyang memadai, ini dibuktikan dengan
rendahnya produktivitas pegawai dan sulitnya mengukur kinerja pegawai, oleh
karena itudalam penelitian ini akan dilakukan penelitian penilaian kinerja
berdasarkan kompetensi pegawai. Kompetensi itu sendiri menurut Spencer dan
Spencer (1993)dalam Eko Nurmianto, (2006: 41), disebutkan bahwa kompetensi
merupakanbagian dalam dan selamanya ada pada kepribadian seseorang dan dapat
mem- prediksikan tingkah laku dan performansi secara luas pada semua situasi
dan job tasks. Peningkatan kompetensi pegawai sangat diperlukan dalam mendukung
kemampuan kerja sekaligus menentukan tingkat kinerja yang dihasilkan pegawai. Semakin
tinggi kompetensi maka kinerja pegawai akan semakin tinggi. Seberapa besar
kompetensi seseorang apabila tidak didukung motivasi yang tinggi maka kinerja yang
akan dicapai tidak akan optimal,oleh karena itu harapan dari sebuah prestasi dapat
diraih apabila dalam diri seseorang memiliki motivasi yang tinggi. Motivasi dalam
bekerja diperlukan karena merupakan kekuatan yang dapat mengarahkan sikap dan
perilaku pegawai untuk mencapai tujuan.
B.
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk
1. menganalisis pengaruh kompetensi, motivasi,
komunikasi dan kesejahteraan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan
Kabupaten Sukoharjo
2. menganalisis
variabel di antara kompetensi, motivasi, komunikasi, atau kesejahteraan yang
dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten
Sukoharjo.
C.
Metodologi
Uji
instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang
dilanjutkan dengan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji
autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas Alat analisis
menggunakan
(1)
analisisregresi linear berganda, yang bertujua nuntuk mengetahui pengaruh
kompetensimotivasi, komunikasi, dan kesejahteraanterhadap kinerja pegawai
(2)
uji t, bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruhsecara parsial
(3)
uji koefisien determinasi (R2)
dalam penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui besarnya pengaruhseluruh
variabel independen terhadapkinerja pegawai dalam persentase.
D.
Hasil dan Kesimpulan
Kinerja
dan keefektifan pegawai dalam melaksanakan tugas sangat ditentukan oleh
kompetensi yang disyaratkan oleh bidang pekerjaan. Melalui kompetensi yang
semakin memadai seseorang akan lebih menguasai dan mampu menerapkan semua tugas
pekerjaan sesuai dengan job description yang ditetapkan. Motivasi yang semakin tinggi berperan Untuk
memberikan penguatan terhadap keinginan-keinginan yang mengarah pada
tercapainya prestasi kerja yang semakin baik serta dapat mengarahkan sikap
perilaku individu dalam mencapai tujuan. Ciri-ciri pegawai dengan motivasi
tinggi menurut indikator-indikator motivasi dalam penelitian ini dapat dilihat
dari menyenangi pekerjaan yang dilakukan, menunjukkan kreativitas dalam
bekerja, menunjukkan tanggung jawab dalam bekerja, memiliki
otonomi yang tinggi dalam bekerja.
Sumber
JURNAL 2 (METODE RISET
REMED)
NAMA : FITRI YUNINGSIH
KELAS : 3EA13
NPM : 19210259
Pengaruh Kesesuaian Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja
Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupatcn Malang
TEMA : Pengaruh Kompetensi dan Motivasi
Terhadap Kinerja Karyawan
JUDUL : Pengaruh Kesesuaian
Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah
Kabupatcn Malang
OLEH : Iswahyu Hartati, 2005
A.
Latar belakang Masalah
Sumber
daya terpenting bagi organisasi adalah sumber daya manusia, yaitu orang-orang
yang rnemberikan tenaga, bakat dan kreatifitas mereka pada organisasi. Karena
itu kinerja organisasi baik itu organisasi bisnis nlaupun organisasi
pemerintah, tidak terlepas dari kinerja individu. Dalam hubungan ini faktor
penempatan pegawailkaryawan sebagai sumber daya manusia dalam bidang tugas
tertentu dalam organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja yang dapat
memotivasi kerja, meningkatkan kinerja individu yang pada akliirnya
meuingkatkan kinerja organisasi. Faktor pertimbangan yang tepat dalam
penempatan seseorang dalam bidang tugas baik penempatan awal, pemindahan maupun
promosi menjadi sangat penting dan menarik untuk dipelajari. Namun demikian
dalam praktek terutama pada organisasi pemerintah, pertimbangan yang cermat dalam
penempatan, perpindahan maupun promosi kurang mendapatkan perhatian yang
proporsional. Dalam organisasi pemerintah lebih meugedepankan proses seleksi
atau proses rekrutmen pegawai dengan sederet persyaratan yang rumit.
B.
Tujuan Penelitian
Sedangkan
tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah:
(I)
Untuknengetahui seberapa besar pengaruh Kesesuaian Kompetensi dan Motivasi
Kerja secara simultan terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah
Kabupaten Malang
(2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kesesuaian Kompetensi
dan Motivasi Kerja secara parsial terhadap Kincrja Pegaviai pada Sekretariat
Daerah Kabupaten Malang, dan
(3) Mengetahui
ariabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Kinerja Pegawai
pada Sekretariat Daerah Kabupaten Malang.
C.
Metodologi
Konsep
dan Operasional Variabel Untuk memudahkan Konsep dan Operasional
variabel,tersebut atas dituangkan dalam tabel sebagai berikut.
Uji Validitas
Validitas
menunjukkan sejauh mana alat pengukur untuk mengukur apa yang diukur (Ancok
1995 dalam Singarimbun dan Efendi 1995). Sedangkan menurut Sugiyono (1994)
Uji Reliabilitas
Reliabilitas
merupakan indeks yang menunjukkan sejauhmana alat pengukur dapat dipecaya atau
dapat diandalkan (Singarimbun dan Effendi, 1989).
D.
Hasil dan Kesimpulan
Dengan
melihat hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat ditarik kesimpulan dari
hasil penelitian ini sebagai berikut Berdasarkan hasil analisis data dapat
diketahui bahwa korelasi yrng terjadi antara variabel bebas terhadap variabel
terikat diketahui nilai r= 0,754, ha1 ini mengindikasikan bahwa variable bebas
(XI) dan (X2) memiliki hubungan terhadap variable Terikat (Y), adapun hubungan
yang terjadi adalah positif dan searah dengan tingkat hubungan yang tinggi.
Sumber
JURNAL 3 (METODE RISET
REMED)
NAMA : FITRI YUNINGSIH
KELAS : 3EA13
NPM : 19210259
PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI
TERHADAP KINERJA TENAGA TUTOR PROGRAM PAKET B PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DENGAN
KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI DI KABUPATEN KARANGANYAR
TEMA : Pengaruh Kompetensi dan Motivasi
Terhadap Kinerja Karyawan
JUDUL : PENGARUH MOTIVASI,
LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA TUTOR
PROGRAM PAKET B PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL
PEMODERASI DI KABUPATEN KARANGANYAR
OLEH : Basuki Sri Rahayu dan Gendro
Pujaningsih S
A.
Latar belakang Masalah
Lingkungan
kerja merupakan bagian dari kondisi kerja hendaknya tertata dengan baik
sehingga tidak menye babkan perasaan terganggu tenaga tutor dalam melaksanakan
tugasnya, apabila tenaga tutor dalam melaksanakan tugasnya merasa terganggu
maka kinerja tenaga tutor akan rendah, sebaliknya jika tenaga tutor merasa
tenang dan nya mandalam melaksanakan tugas maka kinerja akan meningkat.
Pemimpin ber peran sangat penting dalam lingkungan kerja terutama mempengaruhi moral dan kepuasan kerja,
keamanan, kualitas kehidupan kerja, loyalitias dan terutama dalam meningkatkan
kinerja bawahan nya, oleh karena itu seorang pemimpin perlu memiliki
ketrampilan untuk dapat bersikap dan berperilaku efektif dalam menjalankan
tugasnya.
B.
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan bertjuan untuk mengetahui:
(1)apakah
mo tivasi,lingkungan kerja, kepemimpinan dan kompetensi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja tenaga tutor
( 2)
apakah motivasi, lingkungan kerja, kepemimpinan dan kompetensi berpengaruh
positif dan signifikan ter hadap kinerja tenaga tutor dengan ke puasan kerja
sebagai variabel pemo derasi.
C.
Metodologi
Metode analisis data
yang digunakan analisis instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis
dan regresi linier berganda dengan uji interaktif
D.
Hasil dan Kesimpulan
Hasil
uji t persamaan pertama pada tabel 3 menunjukkan variabel motivasi, lingkungan
kerja, kepemimpinan dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan,
sedangkan variabel kompetensi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja
tenaga tutor Pro gram
Paket
B Pendidikan Luar Sekolah di Kabupaten Karanganyar, se dangkan hasil uji t
persamaan kedua pada tabel 7 menunjukkan variabel motivasi dan kepuasan kerja
ber pengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel lingkungan
kerja,kepemimpinan, kompetensi, interaksi motivasi dengan kepuasan
kerja,interaksi lingkungan kerja dengan kepuasan kerja, interaksi kepemimpinan
dengan kepuasan kerja dan interaksi kompetensi dengan kepuasan kerja tidak
berpengaruh terhadap kinerja tenaga tutor Program Paket B Pendidikan Luar
Sekolah di Kabupaten Karanganyar.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar