Minggu, 18 November 2012

JURNAL 2 (METODE RISET BARU)


NAMA      : FITRI YUNINGSIH
KELAS      : 3EA13
NPM          : 19210259

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP  KEPUASAN NASABAH PRODUK TABUNGAN BRITAMA PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG A.YANI MAKASAR
TEMA        : KEPUASAN KONSUMEN
JUDUL       :PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP  KEPUASAN NASABAH PRODUK TABUNGAN BRITAMA PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK CABANG A.YANI MAKASAR
OLEH          :  DEWI YANTI SUDIRMAN, 2011

A. Latar belakang Masalah
Dewasa ini tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan jasa produk perbankan semakin meningkat, seiring meningkatnya pengetahuan atau kemajuan. Agar masyarakat  mau menyimpan uangnya di bank, maka pihak perbankan memberikan rangsangan berupa balas jasa yang akan diberikan  kepada para  nasabah. Rangsangan tersebut dapat berupa kemudahan pembukaan rekening tabungan, bunga yang tinggi, hadiah-hadiah/souvenier,gratis biaya transfer antar rekening, jaminan keamanan atas dana yang disimpan nasabah, fasilitas ATM yang tersebar diseluruh Indonesia, nasabah dapat mengambil dan menyetor setiap harinya tanpa dibatasi.

Pada situasi persaingan perbankan, bank-bank membutuhkan usaha yang keras untuk mendapat calon nasabah dan mempertahankan yang sudah ada ditangan. Keberhasilan usaha tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan tercermin dari kepuasan nasabah untuk melakukan penggunaan ulang jasa perbankan. Kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan dapat dijadikan masukan bagi pihak manajemen untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk itu karyawan bagian pelayanan sebaiknya selalu memantau kepuasan yang dirasakan oleh nasabah perbankan untuk mencapai loyalitas dari para nasabah.

B. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah :  Untuk mengetahui pengaruh keandalan (reability), jaminan (assurance), bukti fisik (tangible), komunikasi (empathy), cepat tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan nasabah produk tabungan Britama PT. BRI (persero) Tbk. Cabang A.Yani Makassar.

C. Metodologi
Metode Analisis Data  (Analisis Regresi Linear Berganda  )
Analisis ini dimaksudkan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas  pelayanan terhadap kepuasan dengan menggunakan rumus sebagai berikut : 
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + b4X4 + b5X5 

Dimana : 
Y : Kepuasan Pelanggan terhadap pelayanan jasa PT. BRI (Persero)
X : Kualitas Pelayanan Jasa PT. BRI  (Persero)
X1 : Reability
X2 : Assurance
X3 : Tangible
X4 : Empathy
X5 : Responsiveness
a : Konstanta
b : Koefisien Korelasi

D. Hasil dan Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka penulis menarik beberapa kesimpulan atas hasil analisis tersebut yaitu: Berdasarkan hasil analisis koefisien regresi antara dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah semuanya positif. Dimana pengaruh perubahan naik/turunya variabel kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik dimensi kualitas layanan yang meliputi keandalan, jaminan, bukti fisik, komunikasi dan tanggapan maka akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan nasabah.

E. saran dan usulan lanjutan
Dari hasil simpulan yang telah dikemukakan, maka saran yang penulis dapat sebagai bahan pertimbangan bagi pihak PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang A. Yani Makassar adalah sebagai berikut :  Disarankan kepada perusahaan agar dalam memberikan layanan kepada
nasabah BRI BritAma, hendaknya tetap mempertahatikan faktor-faktor dimensi layanan yang meliputi keandalan (reability), jaminan (assurance),bukti fisik (tangible), komunikasi (empathy) dan cepat tanggap (responsiveness) dalam melakukan layanan kepada nasabah.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar