NAMA :
FITRI YUNINGSIH
KELAS :
3EA13
NPM
: 19210259
METODE RISET
TEMA
: Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank
1.4 Kerangka Pemikiran
Meningkatnya tuntutan pelanggan
(nasabah) terhadap pelayanan perbankan yang berkualitas dan persaingan antar
bank memaksa bank melakukan upaya-upaya khusus melalui pendekatan manajemen
agar memiliki keunggulanbersaing. Stamatis dalam Tatik Sutyani (2001:273)
menjelaskan bahwa “salah satu pendekatan manajemen yang dapat mendoong
timbulnya budaya pelayanan yang bermutu adalah pendekatan pelayanan mutu total”
Pengukuran kualitas pelayanan suatu
peerusahaan dapat diliat dari tingkat kepuasan pelanggan maka perusahaan harus
menilai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya.
Parasuraman, Zeithaml dan Berry dalam Arief (2007:135) menentukan lima dimensi
kualitas pelayanan meliputi : bukti fisik (tangible),
keandalan (realibilithy), daya
tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan peduli (empathy).
Menurut Kotler (1997) service
quality adalah gambaran atas seberapa jauh
perbedaan antara kenyataan pelayanan (perceived service) dengan harapan
para pelanggan atas pelayanan yang seharusnya mereka terima (expected service).
Ketidaksesuaian
perceived service atas expected service akan menimbulkan kesenjangan yang
merupakan persepsi nasabah terhadap kualitas pelayanan, persepsi nasabah ini
selanjutnya akan mempengaruhi kepuasan nasabah. Sehingga kepuasan nasabah akan
mempengaruhi prioritas utama bagi perusahaan dalam mencapai keberhasilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar