Minggu, 18 November 2012

JURNAL 3 (METODE RISET BARU)



NAMA      : FITRI YUNINGSIH
KELAS      : 3EA13
NPM          : 19210259

PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PT. BANK MEGA Tbk CABANG MAKASSAR
TEMA             : KEPUASAN KONSUMEN
JUDUL           : PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PT. BANK MEGA Tbk CABANG MAKASSAR
OLEH             : PANJI WIRAWAN, 2012


A. Latar belakang Masalah
Kualitas layanan adalah salah satu atribut penting dalam industri jasa, seperti perbankan, di samping masalah keamanan dan kepastian, serta harga (yang sesuai dengan kualitas). Pelayanan yang berkualitas tentu saja tidak sebatas senyum ramah dari petugas teller  atau customer service saja tetapi lebih dari itu.
Menurut Parasuraman et.al (dalam lupiyoadi, 2006) ada lima dimensi yang relevan untuk menjelaskan kualitas pelayanan yang di kenal dengan model SERVQUAL yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Kelima dimensi kualitas pelayanan tersebut merupakan kunci utama untuk meningkatkan kepuasan nasabah yang pada akhirnya berujung pada loyalitas nasabah.

B. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah 1)      Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik (tangible), keandalan (realibilithy), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan peduli (empathy) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah PT. Bank Mega Tbk Cabang Makassar.

C. Metodologi
• Metode Pemilihan Sampel
Penentuan jumlah sampel atau respoden ditentukan berdasarkan hasil perhitungan rnenggunakan romus Slovin (Umar, 2003), yaitu : 
           n =     N         ………………………………………….… (1)
                 1+ Ne2

Keterangan :
n   =  jumlah sampel
N  =  jumlah populasi
e = persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel populasi yang dapat ditolerir 10 %.

D. Hasil dan Kesimpulan
Dari hasil pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa dimensi kualitas layanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah emphaty, karena memiliki koefisien regresi yang terbesar serta memiliki nilai value paling kecil yakni 0,000 jika dibandingkan dengan variabel lainnya.

E. saran dan usulan lanjutan
Mengingat bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah adalah emphaty, maka disarankan agar memberikan perhatian kepada nasabah melalui pemberian hadiah langsung, dan voucer belanja kepada nasabah, hal ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Selain itu karyawan PT. Bank Mega hendaknya menerapkan “ 5 S “ yakni : Salam, Senyum, Sopan, Santun dan Sapa.


SUMBER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar