Minggu, 25 November 2012

LATAR BELAKANG (PROPOSAL METODE RISET)


NAMA       : FITRI YUNINGSIH
KELAS       : 3EA13
NPM           : 19210259
METODE RISET
                                

TEMA : Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank

1.1 LATAR BELAKANG
            Di era globalisasi sekarang ini, kemajuan dibidang ekonomi sudah semakin meningkat terutama dibidang perbankan. Di indonesia sendiri persaingan dalam bidang perbankan semakin ketat, banyak bank melakukan promosi untuk menarik para nasabah agar mau berinvestasi dan mau membuka tabungan di salah satu bank tersebut. Selain itu  bank-bank tersebut  juga membutuhkan  usaha  yang  keras untuk  dapat  mempertahankan nasabah yang  sudah  ada. Keberhasilan  usaha  tersebut  sangat  ditentukan  oleh  kemampuan  perusahaan  dalam member ikan pelayanan yang  berkualitas.  Kualitas pelayanan tercermin dari kepuasan nasabah  untuk  tetap  menggunakan    jasa  perbankan tersebut.  Kepuasan  nasabah dalam  menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan dapat dijadikan masukan bagi pihak  manajemen  untuk  meningkatkan  dan  memperbaiki  kualitas  pelayanan  yang diberikan.  
            Untuk  itu pihak manajemen perusahaan perbankan tersebut sebaiknya  selalu  memantau kepuasan yang dirasakan oleh  nasabah  dalam menggunakan jasa perbankan untuk mencapai loyalitas dari para nasabah. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah adalah kualitas  pelayanan  yang  dilakukan oleh  bank. Nasabah akan  bersikap loyal jika  apa  yang  dia  harapkan  dan  inginkan  dapat  di  penuhi  oleh  pihak manajemen bank. Untuk mengetahui tingkat  loyalitas nasabah perlu diadakan suatu  penelitian  mengenai  tingkat  kepuasan  nasabah  terhadap  pelayanan bank.
            Menurut  Kotler  (2002),  kepuasan  pelanggan  adalah  perasaan atau  kecewa  pelanggan  yang  berasal  dari  perbandingan antara  kesannya  terhadap  kinerja  atau  hasil suatu produk  atau  jasa dan  harapan-harapannya.  Jika  kinerja  tersebut  berada  dibawah harapan  pelanggan,  maka  pelanggan  tersebut  merasa  dikecewakan, jika  memenuhi harapan, pelanggan  tersebut  akan  merasa puas dan jika melebihi  harapan,  pelanggan  akan  merasa  sangat  puas.  Harapan pelanggan dapat dibentuk oleh pengalaman masa lampau,  komentar dari  kerabatnya  serta  janji  dan  informasi  pemasar  dan  saingannya. Pelanggan yang puas akan setia lebih lama, kurang sensitif terhadap harga dan memberi komentar yang baik tentang perusahaan
            Dewi Yanti Sudirman (2011)  melakukan penelitian  tentang Pengaruh  Kualitas  Layanan  Terhadap  Kepuasan Nasabah Produk Tabungan  Britama Pada  PT.Bank Rakyat Indonesia (PERSERO).tbk Cabang  A.Yani  Makasar, diketahui bahwa adapun  kualitas  la yana n  da pat  meliputi  : reability, assurance,  tangible, empathy, dan responsiveness, dimana  dalam  peningkatan  kua litas  layanan  maka dapat  meningkatkan  kepuasan  nasabah  BRI  BritAma
            Penelitian yang dilakukan oleh Panji Wirawan (2012) tentang Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah PT. Bank Mega Tbk Cabang Makassar  menganalisis bahwa pengaruh bukti fisik (tangible), keandalan (realibilithy), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan peduli (empathy) berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah PT. Bank Mega Tbk Cabang Makassar.
            Selain itu Ahmad Khoiron (2010)  melakukan penelitian tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang meakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara tangibles, reability, reponsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang.
            Dengan demikian kepuasan pelanggan itu tergantung dari kuaitas pelayan bank tersebut dalam memenuhi kebutuhan nasabah – nasabahnya. Sebab dalam perusahaan perbankan nasabah itu di nomor satukan kepentingannya, karena kehidupan perusahaan perbankan bergantung kepada nasabah-nasabahnya. Jika bank tersebut memiliki banyak nasabah, kehidupan perusahaan semakin maju dan kepercayaan yang timbul didalam masyarakat kepada bank tersebut juga semakin tinggi sehingga semakin menguntungkan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar